Minggu, 06 Januari 2013

Peranan Koperasi


Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (Perfect Competitive Market)

        Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
  • Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
  • Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
  • Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
  • Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.

Koperasi dalam Pasar Monopolistik

        Ciri-cirinya :

  • Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
  • Produk yang dihasilkan tidak sejenis (heterogen)
  • Ada produk substitusinya
  • Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
  • Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
  • Gambar



Koperasi dalam Monopsoni

   

Kelangsungan hidup Koperasi jangka panjang pada pasar persaingan Monopsoni




Koperasi dalam Pasar Oligopoli

‰        Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar. Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga. Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk.


Koperasi dengan Biaya Tinggi dalam Suatu Pasar Oligopoli



Koperasi dengan Kemampuan Sama di Pasar Oligopoli



  • Penawaran Harga yang bersifat Predator
  • Price Leadership : Price Leadership oleh Perusahaan dengan Biaya Terendah



Price leadership oleh Perusahaan Dominan



Rintangan-rintangan Memasuki Pasar
       Rintangan Kerugian Biaya Absolut Koperasi 




Skala Ekonomis sebagai Rintangan untuk Memasuki Pasar Oligopoli


Referensi :
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/peranan-koperasi

0 komentar:

Posting Komentar