Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (Perfect Competitive Market)
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
- Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
- Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
- Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
- Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.
Ciri-cirinya :
- Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
- Produk yang dihasilkan tidak sejenis (heterogen)
- Ada produk substitusinya
- Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
- Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
- Gambar
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar. Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga. Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk.
Koperasi dengan Kemampuan Sama di Pasar Oligopoli
- Penawaran Harga yang bersifat Predator
- Price Leadership : Price Leadership oleh Perusahaan dengan Biaya Terendah
Price leadership oleh Perusahaan Dominan
Rintangan-rintangan Memasuki Pasar
Rintangan Kerugian Biaya Absolut Koperasi Skala Ekonomis sebagai Rintangan untuk Memasuki Pasar Oligopoli
Referensi :
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/peranan-koperasi
0 komentar:
Posting Komentar